Pada jaman dulu, jika kita ingin mengabadikan sebuah moment, pemandangan alam atau yang lainnya, kita biasanya menggunakan kamera foto yang menggunakan klise. Namun, saat ini tidak demikian lagi. Kita mengenal sebuah teknologi baru dalam bidang fotografi yaitu dibuatnya sebuah alat perekam yang tidak menggunakan klise sebagai media penyimpanan datanya. Alat tersebut bernama kamera digital.

Ya, kamera digital merupakan alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Penggunaan kamera jenis ini sangat simpel dan praktis. Kita tidak perlu membeli film sebagai media penyimpanan, selain itu kita juga bisa langsung melihat hasil jepretan kamera digital tersebut pada saat itu juga melalui monitor yang sudah tersedia pada kamera tersebut. Sangat praktis bukan ?

Namun, apakah anda sudah tahu mengenai istilah – istilah penting yang ada pada kamera digital tersebut ? jawabannya mungkin saja tidak semua orang mengetahui dengan sangat detail tentang istilah – istilah penting yang ada pada kamera digital tersebut. Untuk itu, pada artikel ini anda akan dikenalkan dengan beberapa istilah penting yang ada pada kamera digital yaitu sebagai berikut :

  1. 4:3 Ratio. Yaitu ukuran dimensi foto atau video yang paling umum khususnya jika ingin dicetak atau ingin ditampilkan di televisi non wide screen, misalnya televisi tabung.
  2. AF – Lock. AF-Lock digunakan untuk mengunci fungsi Auto Focus.
  3. Aperture, merupakan besarnya bukaan lensa kamera untuk menentukan berapa banyak cahaya yang bisa masuk dan mengenai sensor gambar di kamera.
  4. Aspect ratio yaitu Perbandingan ukuran foto atau video. Yang paling umum adalah 4:3 dan 16:9 (wide screen).
  5. Autofocus, yaitu kemampuan kamera digital untuk secara otomatis membuat obyek gambar yang diinginkan menjadi lebih tajam atau jelas.
  6. Automatic Exposure, merupakan kemampuan kamera digital untuk mengatur bukaan lensa (lihat aperture) maupun kecepatan shutter berdasarkan kondisi cahaya di sekitarnya.
  7. Burst Mode, merupakan fitur kamera digital untuk mengambil beberapa gambar sekaligus dalam waktusingkat. Misalnya Anda ingin mengambil sekaligus 10 foto dalam waktu 3 detik.
  8. CCD adalah chip di dalam kamera yang berfungsi sebagai sensor gambar.
  9. CMOS Sensor yaitu sensor gambar dalam kamera digital yang terdiri atas sirkuit yang terintegrasi untuk merekam suatu gambar.
  10. Compactflash, yaitu salah satu tipe memory card yang digunakan dalam kamera digital.
  11. Continuous Shot Mode, yaitu kemampuan kamera digital untuk mengambil sejumlah gambar dalam waktu yang singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here